About

Blogroll

Fakta Menarik Tentang Nyamuk

Luxor Gamat | 14.56 | 27 komentar

Fakta Menarik Tentang Nyamuk

Berita hari ini » Berikut beberapa fakta menarik tentang nyamuk (dari berita hari ini) yang perlu anda ketahui.
Berita hari ini »→ Tahukah anda berapa jumlah spesies Nyamuk yang ada di Muka Bumi ini ?? Menurut penelitian terkini Ada kurang lebih 3,500 spesies nyamuk di Dunia.

 Tahukah anda, nyamuk memiliki kebiasaan makan yang berbeda ?
1. Nyamuk yang berbeda memiliki kebiasaan makan yang berbeda.

Dengan begitu banyak spesies nyamuk yang berbeda, tak terelakkan bahwa mereka memiliki pola makan yang berbeda. “Beberapa tidak makan darah sama sekali, dan salah satu makan darah, beberapa tidak makan darah manusia, “kata Laura Sirot, PhD, spesialis biologi reproduksi serangga dan asisten profesor biologi di The College of Wooster di Ohio. Selain itu, beberapa spesies makan di malam hari, sementara yang lain makan siang hari, tambah Dr Sirot. Meskipun nyamuk umumnya berkembang selama bulan-bulan hangat, Conlon mengatakan beberapa spesies dapat bertahan hidup sepanjang tahun. “Mereka berdarah dingin, sehingga mereka tidak melakukan dengan baik di musim dingin, “katanya. “Tapi beberapa telur bisa bertahan hidup melewati musim dingin.
Tahukah anda nyamuk jantan tidak menggigit?
2. Nyamuk Jantan tidak menggigit.

Nyamuk jantan tidak menghisap darah, karena mereka hanya makan sari buah atau tumbuhan lainnya. Meskipun mungkin merasa nyamuk setiap mil menggigit Anda, menurut AMCA, hanya nyamuk betina benar-benar minum darah. ” Nyamuk betina makan pada manusia karena mereka membutuhkan darah untuk bertelur, “kata Greg Baumann, penasihat teknis di pengendalian hama Orkin. Kedua jenis kelamin biasanya “makan nektar (sejenis sari tanaman), tetapi untuk bertelur, betina perlu nutrisi dari makan darah.”
Tahukah anda nyamuk takut dengan kipas angin?
3. Alat penghalau adalah pertahanan terbaik Anda.

Beberapa orang mungkin khawatir tentang efek samping tertentu anti nyamuk-terutama yang mengandung DEET, bahan kimia yang kadang-kadang dapat menyebabkan iritasi kulit dan bau yang kuat. Namun Conlon berkata, “DEET telah digunakan miliaran kali dan kasus korban yang dirawat hanya ada 10 sampai 13 rawat inap,. Semua CDC-bahan disetujui (DEET, Picaridin,IR3535 dan minyak kayu putih lemon) telah terdaftar dan disetujui oleh Badan Perlindungan Lingkungan untuk digunakan sebagai obat nyamuk-selama sesuai petunjuk. Selain anti nyamuk, Anda dapat menggunakan kipas angin untuk mencegah nyamuk mengganggu. “Nyamuk tidak kuat terbang, mereka lemah bahkan melintasi hembusan angin, ” kata Conlon.
Cara mengusir nyamuk.
4. Pembasmi nyamuk dapat membantu.

Petugas pembasmi hama biasanya dipanggil untuk membasmi semut, rayap dan kecoa, tetapi mereka dapat juga membantu menyingkirkan nyamuk. “Kami mencari tanda-tanda jentik nyamuk dan kami akan memberikan rekomendasi sebagai berikut: Singkirkan setiap genangan air, seperti di tempat minum burung, kolam anak-anak, bersihkan talang dan saluran air yang dapat menjebak air, jika menggunakan tangki penadah hujan mengumpulkan air untuk taman Anda, tutup dengan kasa di atas sehingga nyamuk tidak bisa mendapatkan genangan air untuk bertelur. Jika Anda kebetulan tinggal di samping sebuah rumah kosong yang menjadi magnet nyamuk, hubungi pihak berwenang setempat untuk menangani masalah tersebut.
Tahukah anda penyakit yang dapat ditularkan nyamuk?
5. Nyamuk dapat menularkan penyakit.
Nyamuk bertanggung jawab untuk lebih dari satu juta kematian di seluruh dunia per tahun, menurut AMCA. Beberapa penyakit disebarkan oleh nyamuk termasuk malaria, ensefalitis dan demam kuning, selain demam (virus nondeadly menyebabkan demam, nyeri sendi dan ruam) dan virus Barat Nile (virus yang berpotensi mematikan yang melemahkan sistem kekebalan tubuh)-yang keduanya baru-baru ini ditemukan di Amerika. “Kami memiliki jumlah spesies di Amerika Serikat yang telah menularkan virus West Nile.
Tahukah anda hampir tidak ada yang suka memlihara nyamuk?
6. Beberapa orang memiliki reaksi buruk terhadap gigitan daripada yang lain.

Bagi kebanyakan orang, gigitan nyamuk menyebabkan gatal-gatal dan kemerahan, tetapi yang ada reaksi alergi lain yang dikenal sebagai Sindrom Skeeter. Untuk orang, gigitan nyamuk menyebabkan “bentol merah besar Ini sangat gatal dan kadang menyakitkan, “kata Baumann. Menurut Conlon, itu reaksi dengan senyawa dalam air liur nyamuk, dan alergi adalah paling umum pada orang berkulit terang. Meskipun menjengkelkan, sindrom tidak menyebabkan konsekuensi kesehatan tertentu atau efek jangka panjang. Namun, itu membuat Anda gatal, dan kalau digaruk luka akan menyebabkan infeksi, dan bila sering dilakukan demikian bisa menimbulkan bekas luka koreng. Untuk meredakan gigitan, coba pencegah krim anti-gatal.
Tahukah anda nyamuk pemakan yang rakus?
7. Nyamuk dapat mengkonsumsi dua kali berat badan mereka di dalam darah.

Rata-rata nyamuk beratnya sekitar 2,5 miligram, menurut AMCA, ketika mereka menggigit, mereka minum darah lebih dari 5 miligram-dua kali berat tubuh mereka. Untuk orang 150-pon, ” seperti minum 300 pon -susu, “kata Dr Sirot. Setelah diisi penuh darah, nyamuk sering mengeluarkan kotoran agar mereka bisa terbang. Proses ini, dikenal sebagai diuresis, terjadi dengan semua spesies-meskipun jenis produk kotoran bervariasi. Nyamuk yang dapat menularkan malaria (Anopheles) mengeluarkan plasma, yang dapat menularkan demam berdarah dan kuning (aedes) mengeluarkan urin.

Fakat Menarik Tentang Nyamuk Lainnya

Ada lagi fakta menarik tentang nyamuk yang tidak boleh ana lewatkan, Menurut Soeroto Atmosoedjono, analisis bakteriologi lulusan Eijkman Institute, yang telah bergelut meneliti nyamuk lebih dari 60 tahun. “Nyamuk mengisap darah orang atau binatang untuk kelangsungan hidupnya. Selain untuk makan, bagi yang betina juga untuk dapat memproduksi telur. Oleh karena itu nyamuk betina mencari makan dengan cara menggigit, sementara nyamuk pejantan bisa mendapatkan zat-zat makanan dari alam, semisal dari sari-sari bunga.”

Menurut peneliti yang pernah mendapat beberapa penghargaan dari dalam dan luar negeri ini, 2-3 hari setelah menggigit, nyamuk akan bertelur. Lalu beberapa hari kemudian telur-telur itu akan menetas di air menjadi jentik-jentik halus. Dari jentik lalu berkembang menjadi kepompong, sampai akhirnya menjadi nyamuk melalui proses metamorfosis

Fakta menarik tentang nyamuk dan Aneka Jenis Nyamuk

Simak fakta menarik tentang nyamuk yang memiliki banyak spesies tapi tidak pernah bentrok.

Nyamuk Aedes aegypti

Nyamuk inilah yang menyebabkan penyakit demam berdarah. Pada tubuhnya tampak bercak hitam-putih. Bila dilihat dengan kaca pembesar, di sisi kanan-kiri punggungnya tampak gambar dua buah arit berwarna putih. Paling sering hinggap di baju-baju yang menggantung dan berada di tempat-tempat gelap, seperti di bawah tempat tidur. Selain juga suka bertelur di air yang bersih, seperti di tempayan, bak mandi, vas bunga, dan lainnya. Ia bertelur dan menetas di dinding bejana air. Telur atau jentik nyamuknya bisa bertahan selama 2-3 bulan.

Nyamuk ini menggigit di pagi dan sore hari, antara pukul 08.00 – 12.00 dan 15.00 – 17.00. Bila nyamuk ini sudah menggigit orang atau binatang, pada hari ketiga nyamuk tersebut akan bertelur, dan dua hari kemudian menetas. Setelah 8 hari, jentik tersebut sudah jadi nyamuk. Selama itu, 2 hari sekali nyamuk bertelur, sehingga si betina akan mencari darah lagi. Jadi, kalau nyamuk itu menggigit seorang penderita demam berdarah, maka kurang lebih dalam 10 hari nyamuk tersebut sudah infektif atau mengandung virus demam berdarah. Bila menggigit orang, virusnya akan masuk ke tubuh orang yang digigit. Virus demam berdarah akan ada selama nyamuk itu hidup. Karena setiap 2 hari sekali dia menggigit, maka virusnya bisa masuk ke orang lain lagi. Demikian terus penyebarannya.

Menurut Soeroto, paling jauh nyamuk ini terbang dalam radius kurang lebih 50-100 meter ke kanan-kiri sekitar rumah. Jadi telur nyamuk demam berdarah bisa berada sekitar itu. “Oleh karena itu, bila sudah ada kasus demam berdarah di sekitar rumah kita, segeralah dilakukan pengasapan. Maksudnya, untuk membunuh nyamuk yang mengandung virus/nyamuk yang infektif, supaya tak ada penularan demam berdarah.”

Nyamuk Anopheles
Sering orang mengenalnya sebagai salah satu jenis nyamuk yang menyebabkan penyakit malaria. “Nyamuk malaria banyak terdapat di rawa-rawa, saluran-saluran air, dan permukaan air yang terekspos sinar matahari. Ia bertelur di permukaan air.”
Nyamuk ini hinggap dengan posisi menukik atau membentuk sudut. Sering hinggap di dinding rumah atau kandang. Warnanya bermacam-macam, ada yang hitam, ada pula yang kakinya berbercak-bercak putih. Waktu menggigit biasanya dilakukan malam hari.
Banyak jenis nyamuk Anopheles yang bisa menyebabkan penyakit malaria. Ada Anopheles sundaicus yang banyak terdapat di air payau, seperti di Kepulauan Seribu. Nyamuk ini berkembang biak di lingkungan yang banyak ditumbuhi ganggang. Ia akan meletakkan telurnya di ganggang hijau yang banyak reniknya, sehingga begitu menetas, jentiknya langsung mendapat makanan renik yang hidup di antara ganggang tersebut.
Ada lagi Anopheles maculatus dan Anopheles balabacensis yang banyak terdapat di perbukitan, seperti di Bukit Manoreh, Yogyakarta. Biasanya nyamuk ini bertelur di mata air, di air rembesan, atau di sungai yang tak deras airnya, seperti di antara bebatuan sungai. Ada lagi Anopheles aconitus yang banyak hidup di daerah pesawahan atau saluran-saluran air yang ada rumputnya. Selain yang sudah disebutkan, masih banyak lagi jenis Anopheles lainnya. Menurut Soeroto ada sekitar 70 jenis nyamuk ini.
Penyakit malaria yang ditimbulkan pun jenisnya bermacam-macam, tergantung jenis parasitnya. Semisal, ada malaria falsiparum, vivak, ovale, dan malariae. Selain itu, nyamuk Anopheles bisa juga menyebabkan penyakit kaki gajah.

Nyamuk Aedes albopictus
Spesies ini juga bisa menularkan demam berdarah. Nyamuk ini biasanya banyak terdapat di kebun atau di halaman rumah. Cirinya hampir sama dengan Aedes aegypti, yaitu bercak-bercak putih di badan. Bila dilihat dengan kaca pembesar tampak di median punggungnya ada garis putih.

Waktu menggigitnya pun sama dengan Aedes aegypti, yaitu di pagi dan sore hari. Bertelurnya di air tergenang, misalnya pada kaleng-kaleng bekas yang menampung air hujan di halaman rumah. Pada musim penghujan, nyamuk ini banyak terdapat di kebun atau halaman rumah karena di situ terdapat banyak tempat yang terisi air.

Nyamuk Culex fatiqans
Nyamuk rumah ini menggigit di malam hari. Hinggapnya di mana saja, entah itu di pakaian yang tergantung maupun di dinding rumah. Warna nyamuknya bermacam-macam, ada yang hitam, ada juga yang cokelat. Telurnya mengelompok, seperti membentuk rakit. Jentiknya menggantung di air. Ciri nyamuk ini, saat hinggap posisi tubuhnya tidak menukik tapi mendatar.
Ia lebih banyak ditemui di air keruh atau tempat yang banyak mengandung material organik atau bahan makanan, seperti di got.

Nyamuk ini bisa menjadi perantara penyakit kaki gajah atau filariasis. Penyakit ini penyebabnya adalah cacing Wuchereria bancrofti yang berada dalam darah seorang penderita. Bila nyamuk mengisap darah penderita yang mengandung bibit filariasis, maka cacing dari penderita tersebut bisa terbawa dan ditularkan pada orang lain lewat gigitannya.

10 Fakta Menarik Tentang Nyamuk Sesion Ringkasan

  1. Nyamuk tidak menggigit, tapi menghisap.
  2. Kebanyakan bergerak aktif pada waktu dini dan malam hari.Tapi ada juga jenis nyamuk yang menghisap ditengah hari.
  3. Bukan Cuma manusia aja yang suka tempat gelap, tapi nyamuk juga suka tempat gelap,seperti dipohon, rumput”an.
  4. Nyamuk lebih suka menghisap darah manusia yang memakai baju warna terang daripada yang warnanya gelap.
  5. Bukan Cuma manusia juga yang punya selera, tapi nyamuk juga. Ada nyamk yang suka darah manusia, kerbau, burung, kura-kura dsb
  6. Nyamuk bisa “kawin” di udara dalam 15 detik ini udah termasuk pedekate.
  7. Nyamuk jantan adalah pemakan sayuran alias vegetarian. Kenapa nyamuk betina enggak?? Soalnya dalam darah itu terdapat protein yang mereka butuhkan untuk menghasilkan telur.
  8. Nyamuk mendeteksi manusia lewat helaan nafas kita, terutama waktu kita tidur dan olahraga.
  9. Nyamuk juga merupakan salah satu distributor penyakit buat manusia. Contoh : malaria.
  10. Goresan dikulit akibat gigitan nyamuk merupakan reaksi alergi terhadap liur nyamuk yang disuntikkan ke tubuh kita guna mencegah pembekuan darah.
Rekomendasi :
Teripang berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit degenerativ.


Post by : Berita hari ini
Sumber terkait : http://deasyevarani.blogdetik.com/2012/01/03/hal-hal-seputar-nyamuk/#more-164


Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

27 komentar:

  1. ini merupakan salah satu bukti kekuasaan ALLOH

    BalasHapus
  2. ternyata nyamuk memiliki banyak kelebihan ya

    BalasHapus
  3. banyak juga ya yang belum ane ketahui tentang nyamuk

    BalasHapus
  4. kalau bisa, artikelnya asli jangan copas dari blog lain.

    BalasHapus
  5. Berarti kalo kita makan rakus sama kaya nyamuk dong, hihihi

    BalasHapus
  6. wah ternyata yang berlebihan itu ga baik ya

    BalasHapus
  7. hahahaa..
    ternyata nyamuk juga bisa..

    BalasHapus
  8. ternyata baru aku tau banyak jenis nyamuk

    BalasHapus
  9. Hello to all, the contents present at this web site are actually amazing for people knowledge, well, keep up the nice work fellows.


    my site :: group health insurance San Diego

    BalasHapus
  10. My developer is trying to convince me to move to .

    net from PHP. I have always disliked the idea because of the
    expenses. But he's tryiong none the less. I've been using WordPress on
    several websites for about a year and am concerned about switching to another
    platform. I have heard excellent things about
    blogengine.net. Is there a way I can transfer all my wordpress
    posts into it? Any kind of help would be really appreciated!


    My web page: usscaloosahatchee.org

    BalasHapus
  11. wahaha,, nyamuk emang ada-ada aja sob..

    BalasHapus
  12. Heya i'm for the first time here. I came across this board and I find It really useful & it helped me out a lot. I hope to give something back and aid others like you helped me.

    Here is my weblog: my best video sales

    BalasHapus
  13. It's the best time to make some plans for the future and it is time to be happy. I've read this
    post and if I could I want to suggest you few interesting things or
    suggestions. Perhaps you can write next articles
    referring to this article. I want to read even more things about it!



    Also visit my web-site; http://www.fly-inclub.org

    BalasHapus
  14. Terima kasih informasinya
    http://goo.gl/C0DKCg

    BalasHapus
  15. ternyata nyamuk suka warna baju terang di bandingin gelap, jdi tau deh, makasih atas infonya sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  16. macam2 nyamuk banyak juga ternyata

    BalasHapus
  17. Selalu jalani hidup ini dengan banyak bersyukur

    BalasHapus

MOHON UNTUK MEMBERIKAN MASUKAN DAN KOMENTAR TERBAIK ANDA ™berita hari ini™