About

Blogroll

Idul Fitri 2012 Tanggal Berapa

Unknown | 15.05 | 8 komentar

Idul Fitri 2012 Tanggal Berapa ?

Berita hari ini » Idul fitri 2012 tanggal berapa? Mungkin ini sudah tersirat di pikiran anda, karena memang idul fitri di bulan ramadhan kali ini sudah semakin dekat dan tinggal menghitung hari.
Ternyata idul fitri kali ini 2012 M / 1433 H kita semua akan merayakan Idul Fitri secara bersama dan serentak. Meski kementrian agama akan mengadakan rukyat dan sidang isbat pada 29 Ramadhan atau 18 Agustus 2012 tetapi keputusannya kita sudah tahu.

Idul Fitri 2012 M / 1433 H dipastikan jatuh pada tanggal:

Hari : Ahad / Minggu
Tanggal : 19 Agustus 2012 M

Berita ini diperkuat oleh keputusan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Amidhan, yang mengatakan pada  penanggalan Islam, dalam sebulan itu hanya dikenal 29 atau 30 hari. Apabila Muhammadiyah puasa pada Jumat besok maka konsekwensinya puasanya genap menjadi 30 hari. Begitupula sebaliknya, Nahdatul Ulama (NU) apabila awal puasa pada Sabtu 20 Juli 2012, maka jumlah bilangan puasa adalah 29 hari sehingga dipastikan 1 Syawal adalah 19 Agustus 2012.

Kabar baiknya, seluruh ormas Islam Indonesia juga menetapkan idul fitri pada hari yang sama. Jadi, dari Sabang sampai Merauke kita akan merayakan idul fitri 2012 bersamaan. Tidak ada perbedaan dalam idul fitri – meski terjadi perbedaan awal ramadhannya.

Mengapa idul fitri bisa kompak berbarengan? 
Kondisi alam semesta memang sedang mendukung agar warga Indonesia bersatu kali ini – dan seterusnya.
Menurut perhitungan hisab – yang dipakai Muhammadiyah – senja 18 Agustus, tinggi hilal sudah lebih dari 7 derajat. Tentu saja 19 Agustus adalah idul fitri. Apalagi bagi Muhammadiyah, mereka sudah berpuasa 30 hari. Jadi mustahil 19 Agustus belum idul fitri. 19 Agustus pasti idul fitri bagi aliran hisab – wujudul hilal.

Menurut perhitungan rukyah – yang dipakai NU dan sebagian besar ormas – sama juga. Senja 18 Agustus tinggi hilal – bulan sabit – sudah lebih dari 7 derajat. Dengan tinggi hilal di atas 7 derajat maka kemungkinan besar pasti dapat dilihat – kecuali terhalang. Melihat luasnya kawasan Indonesia dapat dipastikan pasti ada 1 atau lebih orang yang berhasil melihat hilal melalui rukyah. Karena itu 19 Agustus adalah idul fitri.

Post by : Berita hari ini
Sumber :http://gusngger.wordpress.com/


Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

8 komentar:

MOHON UNTUK MEMBERIKAN MASUKAN DAN KOMENTAR TERBAIK ANDA ™berita hari ini™