About

Blogroll

Puasa Mulai Kapan

Unknown | 22.30 | 3 komentar

Puasa Mulai Kapan ? Sabtu tanggal 21 Juli 2012

Puasa Mulai Kapan ? Tentunya ini menjadi pertanyaan yang cukup membuat repot, terutama bagi yang menjalankannya. Tentang informasi puasa ada menyebutkan bahwa puasa ternyata mulai pada tanggal 1 ramadhan.

 

JAKARTA, (PRLM).- Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan 1 Ramadan 1433 H/2012 M atau dimulainya puasa jatuh pada Sabtu (21/7/12). Hal ini terkait dengan pemaparan Dr Cecep Nurwendaya dari Tim Badan Hisab dan Rukyah (BHR) yang menjelaskan kondisi hilal untuk wilayah ASEAN yang sulit sekali dilihat.

Sulitnya hilal dilihat karena ketinggiannya yang belum mencapai 2 derajat, serta umurnya yang belum delapan jam. "Dari pemaparan Cecep tadi sudah jelas bagaimana kondisi hilal di wilayah kita. Ini menunjukkan bahwa hilal sulit dilihat. Besar kemungkinan puasa mulai Sabtu. Tapi kita untuk memutuskannya , masih menunggu laporan-laporan lagi dari seluruh wilayah tanah air," kata Menag.
Dalam pemaparannya yang dimulai pukul 17.00 WIB, Cecep mengatakan ketinggian hilal di Pelabuhan Ratu dan wilayah Indonesia dan ASEAN pada umumnya di bawah 2 derajat dan umurnya belum 8 jam.
"Ketinggian hilal antara 1,2 sampai 1,7 derajat. Serta umurnya berkisar 6 jam sampai 6 jam 20 menit. Ini Masih jauh dari 8 jam. Kondisi ini menyebabkan hilal sulit sekali dilihat dengan mata telanjang," jelas Cecep, yang pakar astronomi dari Planetarium Jakarta tersebut.(kominfo/A-89)

Setelah mengetahui puasa mulai kapan, tentunya harus segera persiapan untuk menjalakan ibadah puasa pada jadwal yang tepat.

Semoga bermanfaat ^_^

© puasa mulai kapan

Category:

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

3 komentar:

MOHON UNTUK MEMBERIKAN MASUKAN DAN KOMENTAR TERBAIK ANDA ™berita hari ini™